Tanya Jawab Seputar Minangkabau


Assalammualaikum wr wb

Sejak fans fage Pituah Adat Minangkabau dirilis pada 15 Oktober 2009 yang lalu di situs jejaring sosial facebook, terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sering kali berulang-berulang dari berbagai orang minang (terutama yang bermukim diperantauan) mengenai seputar khazanah adat & budaya Minangkabau.

Oleh karena itu, kami rasakan perlunya membuka rubrik Tanya Jawab Seputar Minangkabau pada blog ini dengan harapan dapat membantu siapa saja masyarakat minang yang ingin bertanya seputar hal yang berkaitan dengan Minangkabau, seperti informasi tentang sistem  pemerintahan nagari, karapatan adat nagari, adat istiadat, potensi nagari, dan lain sebagainya.

Tentu saja, ditengah-tengah kesibukan sehari-hari & aktivitas kegiatan rutin yang dilakukan di seputar nagari-nagari di ranah minang, menyebab pembaca harus menunggu beberapa waktu hingga pertanyaan tersebut dapat kami ulas sebaik-baiknya.

Kepada setiap pembaca yang ingin mengajukan pertanyaan, harap mengisi form dibawah ini :

Nama :
Tempat Tanggal Lahir :
Alamat :
Asal Nagari :
Suku :
Bako :
Pekerjaan :
disertai foto berukuran 200 x 300 pixel dengan besar file tidak lebih dari 200 KB yang dikirimkan ke email : armenzulkarnain@yahoo.co.id atau ke https://www.facebook.com/PITUAH.ADAT.MINANGKABAU

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, amin ya Rabbal alamin.

wasalam

7 pemikiran pada “Tanya Jawab Seputar Minangkabau

    • Sanak Fitrawedi, silahkan isi form dibawah ini serta kirimkan foto sanak ukuran 200×300 pixel dengan kapasitas fel tidak lebih besar dari 200kb ke email armenzulkarnain@yahoo.co.id. Insya Allah dalam pekan ini akan kami postingan rubrik tentang adat salingka nagari.

      wasalam

      Form untuk mengajukan pertanyaan

      Nama :
      Tempat Tanggal Lahir :
      Alamat :
      Asal Nagari :
      Suku :
      Bako :
      Pekerjaan :
      disertai foto berukuran 200 x 300 pixel dengan besar file tidak lebih dari 200 KB yang dikirimkan ke email :
      emeneschoobie@yahoo.co.id

  1. assalammu’alaikum wr wb…saya pernah dengar panggilan utk perempuan seperti Taci, Incim, One…kira2 apa ya pengertiannya dan ada berapa banyak macam panggilan untuk seperti itu. terima kasih sebelumnya

    • Sanak Syahrimal, untuk jinih tutua panggilan, masing-masing luhak, ranah, nagari & koto memang balain-lain. Sebagai contoh, untuak imbauan pado urang tuo dari urang gaek kito ado berbagai jinihnyo, saroman uwo, pak tuo, apak, inyiak, atuak, antan dll.

      Saat kini kito alun ado melakukan pendataan namo-namo imbauan di masing-masing luhak/ranah/nagari/koto nan ado di ranah minang, sahinggo indak ado data akurat satantang hal nan ditanyokan.

  2. assalamualaikum dunsanak sadonyo,tarutamo ambo tujukan kapado uda emen. ambo Abdurrasyid,asa Rumah Bendi kab.Pasisia salatan. ambo ingin batanyo kapado uda. apokah ado di ranah Minang kito tainto ko sebuah forum nan kusus mangkaji dan mengembang adat-adat “hebat” Minangkabau tacinto ko dengan tujuan melestarikannyo untuak ganarasi kito salanjutnyo. karano manuruik ambo pribadi da,tarlalu durako rasonyo jikok kito malupokan jaso-jaso niniak moyang kito nan baiak ko (dalam bidang kesenian seperti:randai,silek-seilek,tari-tarian dan sabagainyo). apokah ado usaho dari forum/lembaga nan uda punyo mangkaji hal iko da? sakian,tarimo kasih banyak. samoga kito dapek kumbali kapado nan bana(tuah sakato).

  3. baa kok ado palatihan tentang Minangkabau di nagari kito ko da?alangkah indahnyo jikok kito mandirikan sabuah forum resmi tentang pangkajian Budayo Minangkabau,dan mengkaji ajaran-ajaran Minangkabau nan sasuai jo syarak. palatihan2 sarupo iko manuruik ambo sangaik baguno. kalau kito namuah,dak ado gunuang nan tinggi ambo raso do…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s