Kampung Pasie Sabalah, Pasie Nan Tigo


Kampung Pasie Sabalah, Kelurahan Pasie Nan Tigo, kec. Koto Tangah adalah salah satu perkampungan nelayan di kota Padang. Pendatang yang banyak bermukim disini umumnya berasal dari Salido & Surantiah, Pesisir Selatan & berbagai lokasi lain di pesisir ranah minang.

Wilayahnya terbentang dari muaro Panjalinan hingga muaro Batang Anai, merupakan salah satu perkampungan nelayan selain di wilayah Gauang, Gates Nan XX. Saat ini, teknik penangkapan ikan yang umum digunakan adalah perahu bagan (boat lift nets) & perahu payang (boat seine) dengan lokasi tangkap sekitar perairan Padang antara perairan Mandeh hingga Pariaman (payang) & hingga perairan Pagai, Kepulauan Mentawai.

Dibutuhkan perhatian serius Pemko Padang & Pemprov Sumbar untuk membangun infrastruktur pendukung bagi nelayan-nelayan Sumbar yang saat ini kemampuan tangkapnya jauh tertinggal dibandingkan nelayan Sibolga/Tapanuli Tengah yang setingkat dengan kota/kabupaten di Sumatera Utara, seperti pendampingan teknologi, dermaga, storage & supply bahan bakar, sehingga jaringan pemasaran bisa memenuhi kebutuhan dalam provinsi Sumatera Barat & dapat dipasarkan ke wilayah tetangga seperti Riau & Jambi. Dengan rentang panjang pesisir lebih 400 km, sudah seharusnya hal ini dikembangkan untuk masa mendatang.

Semoga nelayan Sumbar menjadi jaya, menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

.: Anak Bagan # 1:.

.: Anak Bagan # 2 :.

.: Bagan Boat Family 09 :.

.: Hago ka Hago :.

.: Surfing at Muaro Panjalinan :.

.: Pulau Sauah :.

 

.: Anak-Bagan # 3 :.

Satu pemikiran pada “Kampung Pasie Sabalah, Pasie Nan Tigo

  1. Artkel sarato jo puterek nan inspiratif manyababkan taragak babuek/berbakti ka kampuang dek parantau2 minang. Semoga banyak nan ma manfaatkan sarato jadi contoh lo dek nan lain. Wslm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s