Karambia >> Filosofi hidup di Minangkabau


Assalammualaikum wr wb

Siapa yang tak mengenal tanaman ini, kelapa (karambia) amatlah akrab dimasyarakat minangkabau. Mulai dari tunas muda & daun yang sering digunakan untuk pembungkus ketupat, hingga minyak yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Apabila dijabarkan satu persatu amatlah banyak kegunaan dari tanaman ini.

Morning in Tiku by Rudi Gusteno - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Morning in Tiku by Rudi Gusteno - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Namun tulisan ini bukanlah mencoba menjabarkan manfaat dari tanaman kelapa, namun lebih kepada proses tumbuh dan siapa yang memetik hasil dari tanaman berusia puluhan tahun ini. Di banyak nagari-nagari di ranah minang, akan banyak kita jumpai tanaman ini yang salah satu produk turunannya merupakan bahan dasar kuliner tradisi minangkabau.

Tanaman ini umumnya ditanam oleh pendahulu-pendahulu kita, seperti halnya beberapa puluh batang karambia yang ada di parak kampung halaman saya, seluruhnya adalah hasil tanaman angku (orang tua ibu) saya. Dari jerih payah angku ini pula, maktuo, ibu, mamak, uni, saya, adik, bahkan anak & kemanakan saya sudah merasakan jerih payah angku.

Sudut Telaga Nyiur by Rudi Gusteno - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Sudut Telaga Nyiur by Rudi Gusteno - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Boleh dikatakan, hampir seluruh batang karambia yang ada di ranah minang ini adalah tanaman dari generasi masa lalu untuk anak cucunya. Bayangkan, berapa jumlah batang karambia yang ada saat ini di ranah minang, dikalikan jumlah pesan moril & semangat untuk tetap mewariskan hal-hal yang bermanfaat buat anak cucu kita.

Dalam hati saya senantiasa bersyukur, terlahir di ranah yang memiliki semangat mewarisi hal-hal yang baik & luhur untuk anak cucunya. Seakan-akan, setiap kali saya pulang ke kampung halaman, angku saya selalu berpesannya melalui tanaman karambia yang ada di parak kami, “warihkanlah nan elok-elok untuak anak cucu kito, ijan sampai talupokan”.

Toke Karambie by Denny Hendrawan Piliang - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Toke Karambie by Denny Hendrawan Piliang - West Sumatra - A Journey to Paradise_files

Sudahkah kita memberikan manfaat bagi generasi penerus kita? Ayo bangun nagari, ranah tempat pendahulu-pendahulu yang selalu memberikan hal yang terbaik untuk generasi penerusnya. Rasulullah SAW juga berpesan “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yg paling banyak memberi manfaat bagi orang lain” (H.R. Bukhari).

Semoga bermanfaat, amin ya Rabbal alamin.

wasalam

Satu pemikiran pada “Karambia >> Filosofi hidup di Minangkabau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s